5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Bikin Mobil Lebih Irit Bahan Bakar
Terbit : Juni 19, 2020 | Kat : Uncategorized | 0

5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Bikin Mobil Lebih Irit Bahan Bakar

Setiap pemilik kendaraan pasti ingin mobil kesayangannya hemat bahan bakar. Alasannya, hal tersebut bakal bikin pengeluaran kita jadi sedikit lebih terkendali.

Namun ternyata, banyak kebiasaan-kebiasaan buruk yang secara tidak sadar kerap dilakukan sebagian besar dari kita sehingga berpengaruh terhadap penggunaan BBM mobil. Kira-kira, apa yang harus kita lakukan untuk bikin mobil jadi lebih irit bahan bakar? Ini dia beberapa hal yang harus kamu perhatikan.

Gunakan jenis bahan bakar yang direkomendasikan

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk bikin mobil jadi lebih irit bahan bakar adalah menggunakan jenis bahan bakar yang direkomendasikan. Yap, perlu kamu tahu bahwa setiap mobil memiliki jenis bahan bakar yang direkomendasikan oleh produsen masing-masing. Nah, jenis tersebut biasanya ditandai dengan nilai oktan atau RON.

Rekomendasi ini tentunya sudah melalui uji coba jenis BBM apa yang bisa bikin mobil kamu jadi lebih irit. Menggunakan BBM dengan nilai oktan atau RON yang sesuai dengan spesifikasi akan membuat bahan bakar kendaraan jadi lebih efisien.

Tekan pedal gas secara normal

Sadar atau tidak, sebagian besar dari kita kerap menekan pedal gas dalam-dalam saat berkendara. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan akselerasi cepat dan mencapai kecepatan tinggi.

Meski bisa membuat kamu melaju dengan cepat, hal tersebut ternyata punya pengaruh cukup besar dalam penggunaan bahan bakar mobil kamu. Pasalnya, saat menekan pedal gas dalam-dalam, mesin mobil tentu membutuhkan pasokan bahan bakar lebih banyak untuk mencapai akselerasi yang diinginkan. Nah, hal itu bisa bikin mobil jadi lebih boros.

Jika konsumsi bahan bakar jadi perhatian utama kamu, sebaiknya tekan pedal gas mobil secara normal dan jangan dilakukan dengan mendadak. Dengan begitu mesin penggunaan bahan bakar kamu akan jadi lebih irit.

Periksa tekanan angin ban

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan buat bikin konsumsi bahan bakar mobil jadi lebih irit adalah memeriksa tekanan angin ban. Suka atau tidak, banyak orang yang kerap lupa untuk memeriksa tekanan angin ban mobil. Padahal, nih, hal tersebut berpengaruh pada konsumsi bahan bakar kamu.

Tekanan angin yang terlalu rendah bisa membuat ban lebih berat dan memaksa mesin bekerja lebih keras. Efeknya, mesin akan membutuhkan pasokan bahan bakar yang lebih banyak lagi. Secara garis besar, city car atau hatchback memiliki tekanan angin antara 29-30 PSI. Sedangkan MPV dan SUV memiliki tekanan angin antara 30 hingga 32 PSI.

Tidak hanya bikin penggunaan bahan bakar mobil jadi lebih boros, tekanan angin ban yang kurang juga bisa berpotensi membuat pecah ban dan akan membahayakan kamu saat di jalan.

Perhatikan beban mobil

Beban berlebih pada kendaraan bakal berpengaruh pada konsumsi BBM. Semakin berat, maka tenaga yang dibutuhkan mesin untuk menggerakkan mobil juga bertambah sehingga penggunaan BBM juga semakin banyak. Nah, untuk mengatasinya, kamu bisa mengurangi barang-barang yang sudah tidak digunakan atau tidak penting di dalam mobil.

Perhatikan Eco Mode atau Eco Indicator

Mobil-mobil keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan fitur Eco Mode. Buat yang belum tahu, fitur ini memungkinkan mesin menggunakan pengaturan yang paling efisien dalam penggunaan BBM.

Sementara itu, ada juga mobil yang juga dilengkapi dengan Eco Indicator. Berbeda dengan Eco Mode, Eco Indicator tidak mengubah pengaturan mesin mobil, tapi hanya akan memberikan penanda apakah kamu berkendara dengan kondisi konsumsi BBM yang efisien atau tidak. Indikator ini biasanya berada pada panel speedometer dan memancarkan cahaya hijau.

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menghemat penggunaan bahan bakar mobil kesayangan kamu.

Related Post
Tips Mencuci Kolong Mobil, Apa Saja Yang Harus Diperhatikan?
Terbit : 19 Juni 2020

Tips Mencuci Kolong Mobil, Apa Saja Yang Harus Diperhatikan?

Kolong mobil paling banyak menyimpan kotoran khususnya ketika musim hujan. Bayangkan bila Anda tidak membersihkan bagian bawah ini, tumpukan kotoran ini jika dibiarkan bisa menganggu kerja komponen tertentu. Sudah selayaknya...
3 Komponen Mobil Yang Paling Harus Diperhatikan!
Terbit : 19 Juni 2020

3 Komponen Mobil Yang Paling Harus Diperhatikan!

Berikut adalah komponen yang biasanya harus dilakukan pemeriksaan atau perbaikan secara berkala/rutin. AC (Air Conditioner). Beberapa sumber, Freon tidak akan habis dalam jangku waktu lama sekalipun. Bagian yang paling sering...
6 Fitur Keselamatan Mobil yang Tren Disematkan Produsen Mobil
Terbit : 19 Juni 2020

6 Fitur Keselamatan Mobil yang Tren Disematkan Produsen Mobil

Selain model yang keren dan mesin yang bertenaga, dalam memilih sebuah mobil tentu tak boleh mengesampingkan fitur keselamatan. Keselamatan penumpang dan pengemudi adalah hal paling penting karena menyangkut nyawa manusia....
0 Komentar