Tips Mencuci Kolong Mobil, Apa Saja Yang Harus Diperhatikan?
Terbit : Juni 19, 2020 | Kat : Uncategorized | 0

Tips Mencuci Kolong Mobil, Apa Saja Yang Harus Diperhatikan?

Kolong mobil paling banyak menyimpan kotoran khususnya ketika musim hujan. Bayangkan bila Anda tidak membersihkan bagian bawah ini, tumpukan kotoran ini jika dibiarkan bisa menganggu kerja komponen tertentu. Sudah selayaknya Anda memberi perhatian lebih pada bagian bawah mobil ini, mulai dari ruang sepatbor, bumper depan-belakang, kemudi, suspensi, radiator dan kondensor AC.

1. Sepatbor

Bagian ini tergolong mudah dijangkau namun sering terabaikan. Jika terdapat bekas lumpur yang mengering, gunakan slang dengan nosel untuk memperkuat semprotan dan arahkan ke balik sepatbor. Semprot hingga seluruh kotoran turun saat mencuci kolong mobil ini. Gunakan sikat untuk membantu menuntaskan kotoran yang tersisa.

2. Bumper Depan dan Belakang

Bumper juga banyak menyimpan kotoran seperti dedaunan, plastik atau kertas. Biasanya bumper belakang yang lebih banyak menyimpan sampah akibat kotoran yang ‘dilempar’ oleh ban belakang. Bersihkan dahulu kotoran yang mudah dijangkau ketika mencuci kolong mobil. Semprotkan air dan gunakan sikat untuk meningkat kotoran yang sudah mengeras. Setelah bersih, keringkan bagian-bagian berpotensi menyimpan air, misalnya area dibalik lampu kabut.

3. As Roda dan Suspensi

Posisi lengan as roda yang melintang membuatnya sering menjadi persinggahan plastik, benang atau kotoran lain. Gunakan gunting atau pisau untuk membantu membersihkan sampah dan kotoran yang terikat pada as roda atau lengan ayun. Gunakan cairan pembersih karena bisa jadi area ini juga menempel oli. Semprot dengan air serta gunakan sikat lembut untuk membersihkan lumpur atau tanah saat Anda mencuci kolong mobil. Hati-hati jangan sampai merobek karet boot as roda atau kemudi. Gunakan lap dan cairan pembersih untuk membersihkan batang sokbreker.

4. Radiator dan Kondensor AC

Lokasi di balik gril dan bumper membuat kotoran seperti daun dan serangga mudah bersarang disini. Semprot dengan air bertekanan hingga kotoran terbuang habis. Sebaiknya jangan gunakan sikat untuk membersihkannya untuk menghindari kerusakan pada bagian yang agak lunak dalam mencuci kolong mobil.

Related Post
5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Bikin Mobil Lebih Irit Bahan Bakar
Terbit : 19 Juni 2020

5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Bikin Mobil Lebih Irit Bahan Bakar

Setiap pemilik kendaraan pasti ingin mobil kesayangannya hemat bahan bakar. Alasannya, hal tersebut bakal bikin pengeluaran kita jadi sedikit lebih terkendali. Namun ternyata, banyak kebiasaan-kebiasaan buruk yang secara tidak sadar...
3 Komponen Mobil Yang Paling Harus Diperhatikan!
Terbit : 19 Juni 2020

3 Komponen Mobil Yang Paling Harus Diperhatikan!

Berikut adalah komponen yang biasanya harus dilakukan pemeriksaan atau perbaikan secara berkala/rutin. AC (Air Conditioner). Beberapa sumber, Freon tidak akan habis dalam jangku waktu lama sekalipun. Bagian yang paling sering...
6 Fitur Keselamatan Mobil yang Tren Disematkan Produsen Mobil
Terbit : 19 Juni 2020

6 Fitur Keselamatan Mobil yang Tren Disematkan Produsen Mobil

Selain model yang keren dan mesin yang bertenaga, dalam memilih sebuah mobil tentu tak boleh mengesampingkan fitur keselamatan. Keselamatan penumpang dan pengemudi adalah hal paling penting karena menyangkut nyawa manusia....
0 Komentar