Beranda » Blog » Toyota Avanza, Mobil Rakyat Indonesia

Toyota Avanza, Mobil Rakyat Indonesia

Dipublish pada 25 March 2024 | Dilihat sebanyak 74 kali | Kategori: Blog

Toyota Setuju ‘Mobil Rakyat’, Harga di Bawah Rp 250 Juta

Pasar otomotif Indonesia mengalami fase one million trap atau terjebak di angka penjualan satu juta unit per tahun. Supaya pasar bertumbuh yang kemudian mendatangkan investasi lebih besar, maka diperlukan formula kebijakan untuk menggairahkan pasar.
Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengatakan mobil rakyat yang sempat diwacanakan oleh pemerintah bisa menjadi salah satu usaha keluar dari one million trap.

“Sebenarnya ini sudah diucapkan sendiri oleh Pak Menteri Perindustrian. Kita harus support yang disebut mobil rakyat, harganya di bawah Rp 250 juta,” ujar Anton di Jakarta Pusat, Selasa (19/3/2024).

Baca juga:
Bukan Avanza atau Innova, Ini Mobil Terlaris Februari 2024
Anton melanjutkan bentuk mobil rakyat itu salah satunya membebaskan pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM). Menurutnya mobil-mobil di bawah Rp 250 juta bukan kategori mobil mewah.

“Saya rasa seperti skema PPnBM yang dulu itu akan meningkatkan market secara signifikan,” kata Anton.

ADVERTISEMENT

“Pemerintah tidak rugi karena dengan meningkatkan volume pajak meningkat, walaupun secara per unit turun tapi totalnya meningkat. Efeknya pajak daerah, penghasilan, tenaga kerja meningkat itu sangat luar biasa kita rasakan.”

“Saya rasa untuk meningkatkan market secara cepat, i think that’s a good way,” jelas Anton.

Baca juga:
Apa Kabar Usulan Mobil Rakyat dari Menperin?
Toyota menilai konsep mobil rakyat berbeda dengan LCGC

Mobil rakyat rasa-rasanya memiliki syarat seperti program LCGC yang digulirkan sejak 2013. Salah satu contohnya ialah komponen lokal yang harus dipenuhi sebuah produk mobil minimal 80%.

Namun Kementerian Perindustrian pernah bilang syarat lain mobil rakyat ialah kapasitas maksimal mesin 1.500 cc dan harganya di bawah Rp 250 juta.

Anton melihat konsep LCGC dan mobil rakyat berbeda. LCGC yang harus dipenuhi ialah konsumsi BBM dan emisi. Terlebih LCGC sekarang sudah kehilangan hak istimewa, yakni dikenakan PPnBM sebesar tiga persen.

“Beda, LCGC bukan berdasarkan harga. LCGC berdasarkan emisi, fuel consumption. Kalau ini (mobil rakyat) berdasarkan harga jadi affordability masyarakat,” kata Anton.

Baca juga:
Rahasia Mobil Buatan Indonesia Bisa Dicap Baik di Seluruh Dunia
“Saya rasa untuk mobil di bawah Rp 250 juta, saya tidak bisa bilang ini mobil mewah. Ini mobil yang orang pada umumnya kelas menengah di Indonesia pengin beli mobil, pasti akan membeli Calya, Avanza dan lain-lain,” sambungnya lagi.

Kemudian banderol mobil rakyat dengan LCGC juga memiliki jarak. Memang untuk LCGC sekarang mulai mendekati angka Rp 200 juta.

“Masih jauh kok gap (harganya dengan Avanza). Rata-rata Avanza harganya Rp 250 jutaan. LCGC kan Rp 200 juta ke bawah. Nggak ada masalah,” tambah Anton.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Artikel Lainnya

Toyota Bocorkan Mobil Listrik dan Hybrid Baru untuk Indonesia

Dipublish pada 25 March 2024 | Dilihat sebanyak 78 kali | Kategori: Blog

PT Toyota Astra Motor (TAM) berencana untuk menghadirkan berbagai line-up kendaraan elektrifikasinya di Tanah Air. Jenama asal Jepang ini, bakal membawa berbagai teknologi ramah lingkungannya, sesuai dengan pendekatan multi-pathway yang selama ini diusung pabrikan Negeri Sakura tersebut. Menurut Henry Tanoto, Wakil Presiden... selengkapnya

Toyota Agya 2024: Memimpin Segmen Hatchback Murah Indonesia

Dipublish pada 17 April 2024 | Dilihat sebanyak 15 kali | Kategori: Blog

Di Indonesia, segmen hatchback murah merupakan salah satu yang paling favorit. Dengan harga yang terjangkau, mobil hatchback menawarkan kepraktisan berkendara di perkotaan serta gaya yang modern. Dan di segmen ini, Toyota Agya 2024 menjadi pemain yang tak bisa diremehkan. Generasi... selengkapnya

New Rush 2024: Raja Low SUV Kembali Hadir

Dipublish pada 10 April 2024 | Dilihat sebanyak 36 kali | Kategori: Blog

New Rush 2024 resmi meluncur di Indonesia, membawa angin segar bagi pecinta SUV kompak. Sebagai penerus tradisi Rush yang melegenda, mobil ini hadir dengan berbagai peningkatan yang membuatnya semakin menarik. membahas desain eksterior dan interior, performa mesin, fitur-fitur unggulan, hingga... selengkapnya

Sendy Yap
Sales Consultant